Menelisik Keindahan Bawah Laut Pulau Bira

Sebagai salah satu icon pariwisata andalan Kota Jakarta, Kepulauan Seribu memang sudah dikenal sebagai salah satu destinasi liburan yang paling diminati oleh warga ibu kota dan sekitarnya, terlebih pada saat weekend..

Kepulauan Seribu dinilai sebagai salah satu tempat yang cukup mudah dijangkau baik dari segi jarak tempuh maupun biaya. Disamping, Kepulauan Seribu memang memiliki panorama bawah laut yang memanjakan mata..

Banyak dari wisatawan yang memanfaatkan waktu libur mereka untuk mengunjungi pulau-pulau di gugusan Kepulauan Seribu.Menikmati indahnya Kepulauan Seribu tentu yang terlintas pertama kali dibenak kita hanya Pulau Tidung, Pulau Pramuka ataupun Pulau Pari..

Eits.. Tunggu dulu, mungkin Anda harus mencoba menyambangi pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Ya, salah satunya adalah Pulau Bira..

Menelisik Keindahan Bawah Laut Pulau Bira..!!

Pulau Bira merupakan salah satu pulau yang terletak di gugusan Kepulauan Seribu. Pulau Bira memang tidak sebesar Pulau Tidung ataupun Pulau Pramuka, tetapi keindahan bawah lautnya sungguh eksotis. Landainya pantai dan pasir putihnya yang menggoda tentu siap menghipnotis setiap wisatawan yang singgah ke Pulau ini..

Kami mencoba untuk membagi pengalaman kami pada saat berwisata ke Pulau Bira, Kepulauan Seribu. Pulau Bira sendiri dapat kita tempuh selama ± 4 jam perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke.Kebetulan untuk trip kali ini kami bergabung bersama TravelHolic. Salah satu komunitas pecinta travelling yang rutin mengadakan perjalanan wisata..

Ketika diajak untuk mengikuti trip ini, seketika itu juga kami sangat excited untuk bergabung bersama Travel Holic..

Melanjutkan cerita yang terputus tadi, Pulau Bira memang memiliki jarak tempuh yang lebih lama ketimbang kalau kita berkunjung ke Pulau Tidung atau Pramuka..

Trip ini dimulai dengan berkumpulnya seluruh peserta di pelabuhan Muara Angke dan SPBU dekat dermaga ditunjuk sebagai lokasi meeting point kami..

Pagi itu, memang kondisi dermaga Muara Angke yang sedikit tergenang karena air pasang, walaupun begitu tidak menyurutkan langkah kami untuk mengikuti trip kali ini..

Tepat pukul 7.30 kami naik ke kapal dolphin sebagai sarana transport kami menuju Pulau Bira. Hampir ± 3 terombang ambing diatas laut. Kondisi kapal pada saat itu memang agak penuh oleh wisatawan yang hendak menuju ke pulau-pulau di gugusan Kepulauan Seribu..

Transit di Pulau Harapan..

Pukul 11.00 kami tiba di Pulau Harapan sebagai tempat transit terakhir besandarnya kapal dolphin, karena untuk menuju Pulau Bira kita harus menggunakan perahu nelayan tradisional. Jadi, bisa dibayangkan betapa serunya trip ini karena destinasi terakhir kapal dolphin hanya sampai Pulau Harapan..

Perjalanan melelahkan selama ± 4 jam, terbayarkan sudah ketika kapal tradisional kami berlabuh di dermaga Pulau Bira. Rimbunnya pohon, hembusan angin laut dan desiran pasir Pulau Bira begitu menyejukkan mata kami..

Dermaga Pulau Bira..

Berjalan diatas dermaga Pulau Bira kami disuguhi pemandangan bawah laut yang mempesona dengan terumbuk karang dan ikan yang bisa membuat kami betah berlama-lama di Pulau ini.
Yang membuat Pulau ini berkesan karena suasana Pulau Bira sangat asri dan tenang belum seramai Pulau Tidung..

Pulau ini memang terlihat sangat private, fasilitas yang ada sangat terbatas, hanya beberapa cottage saja yang ada di Pulau Bira. Listrik pun hanya menyala pada saat malam hari dan yang meninggali Pulau Bira hanya keluarga dari penjaga Pulau..

Setelah pembagian cottage dan ISHOMA, kami pun tidak membuang-buang waktu untuk segera mencicipi pemandangan bawah laut disekitar Pulau Bira. Yeah.. Super EXCITED! Kami pun dibawa ke pulau-pulau sekitar dengan menggunakan perahu tradisional..

Hari pertama kita menyambangi lima spot snorkeling sekaligus, yaitu Pulau Panjang, Pulau Gosong Pasir, Pulau Macan Gundul, Pulau Tongkeng dan Pulau Matahari. Ke lima spot snorkeling membuat kami berdecak kagum dengan keindahan bawah lautnya. Arus yang tenang dan perairan yang jernih membuat kami untuk berlama-lama menyusuri terumbuk karang yang masih alami dan biota laut yang terdapat di dalamnya..

Pulau Bira..

Tidak terasa hari pun semakin sore, matahari pun hendak membenamkan sinarnya. Kami pun bergegas untuk menuju ke Pulau terdekat yaitu Pulau Panjang untuk melihat sunset. Disana kami menghabiskan waktu untuk melihat sunset dan mengabadikan setiap moment bersama teman-teman dari TravelHolic. Sungguh mengagumkan!

Sunset di Pulau Panjang Bersama TravelHolic..

Puas seharian bersnorkling ria dan melihat sunset, kami memutuskan untuk kembali ke cottage masing-masing dan beristirahat melepaskan lelah. Liburan kami pun terasa sudah dipenghujung mata. Keesokan harinya, kami tidak menyia-nyiakan untuk melihat sunrise dan dilanjutkan bersnorkling di sekitaran dermaga Pulau Bira..

Lagi-lagi saya dibuat berdecak kagum dengan keragaman fauna bawah laut Pulau Bira. Dan waktu jugalah yang memisahkan liburan ini dan tepat pukul 11.30 WIB kami bergegas meninggalkan pulau Bira untuk kembali ke rumah masing-masing..

Wah.. Liburan kali ini memang begitu mengesankan. Ternyata ditengah hiruk pikuk Kota Jakarta dan gedung mall yang berjejer masih ada tempat di Ibu Kota yang masih asri dan alami seperti Pulau Bira..

Pulau Bira di Kepulauan Seribu bisa menjadi tempat berlibur rekomendasi terbaik untuk keluarga dan teman-teman Anda.