Keindahan dan Misteri Pusaran Air Di Benteng Portugis Jepara

Benteng Portugis yang berlokasi di jepara ini merupakan salah satu tempat wisata yang berupa benteng yang dibangun diatas bukit batu yang berada dipinggir laut yang memiliki panorama pantai yang indah dan di depan pantai tersebut juga terdapat sebuah pulau yang cukup menawan yaitu pulau mondoliko.

Benteng Portugis ini terbilang wisata andalan di kota Jepara, selain menyuguhkan keindahan parorama alamnya benteng portugis ini juga dikenal dengan Misteri Pusaran Air yang berlokasi tidak jauh dari benteng yang akan dibahas di ahir artikel kali ini.

Alamat Benteng Portugis

Benteng portugis ini berlokasi di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, sebelah timur kota Jepara, yang bisa dijangkau melalui kota jepara ataupun kota pati yang melalui Kecamatan Dukuh Seti dan Kecamatan Tayu.

Sejarah Benteng Portugis

Di tahun 1619 kota Jakarta atau sunda kelapa dimasuki oleh penjajah belanda , dan dikala itu Raja Mataram sudah merasakan bahaya yang menancam dari jatuhnya kota Jakarta ke tangan belanda tersebut, untuk itu raja mataram mempersiapkan para angkata perangnya guna mengusir penjajah belanda, namun usaha yang dilaksanakan tersebut berahir dengan kekalahan.

Kejadian tersebut membuat raja mataram berpikir bahwa VOC belanda hanya bisa dikalahkan lewat serangan darat dan laut secara bersamaan, namun dikala itu raja mataram tidak memiliki armada laut yang kuat, sehingga perlu adanya bantuan pihak ketiga yang juga berseteru dengan VOC yaitu bangsa Portugis, namun bangsa portugis tidak lama menempati benteng tersebut dikarenakan banyaknya gangguan yang memakan korban salah satunya yaitu pusaran air laut yang menurut cerita rakyat merupakan gerbang siluman yang banyak memakan korban..

penasaran seperti apakah cerita misteri pusaran air yang berada di jepara tersebut? ok, dibawah ini matajatim akan ulas tentang misteri gerbang siluman tersebut.

Misteri Pusaran Air atau Pintu Gerbang Keraton Luweng Siluman

Bangsa portugis hanya beberapa tahun saja menempati benteng yang saat ini menjadi tempat wisata di kota jepara tersebut, menurut cerita rakyat kepergian bangsa portugis dari benteng tersebut dikarenakan adanya gangguan yang memakan banyak korban yaitu adanya pusaran air yang dikenal dengan gerbang siluman yang konon di rajai oleh Siluman Bajul Putih.

Pusaran tersebut menyedot manusia yang berkulit putih seperti bangsa portugis di kala itu, kejadia tersebut sesuai dengan sumpah siluman bajul putih ketika dikalahkan oleh kyai Leseh,  seluman itu bersumpah jika ada orang yang berkulit putih seperti kulitnya siluman tersebut dan melintas di atas pusaran tersebut maka akan disedot kedalam laut, terlepas dari misteri dan sejarah yang ada Benteng portugis tetaplah benteng peninggalan sejarah tetaplah tempat wisata dengan panorama alam yang indah dan patut untuk anda kunjungi, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di wisata ini.

Keindahan Benteng Portugis

Berwisata ke benteng portugis jepara ini sagatlah mengasyikkan dimana anda bisa menyaksikan replika bangunan tingkat dunia yaitu buatan bangsa portugis, panorama pantainya juga tidak kalah bagusnya dengan pantai Kartini yang merupakan pantai yang populer di kota jepara, bermain air ditepian pantai sembari berfofo-foto ria merupakan hal yang digemari para pengunjung, diwisata ini juga terdapat sebuah bukit yang juga terdapat  meriam yang digunakan sebagai tempat pertahanan dikala masa penjajahan. Hamparan pulau juga terlihat indah dan menawan, udara sejuk juga akan menemani anda bersantai diatas bukit tersebut.

Demikianlah ulasan singkat tentang Keindahan dan Misteri Pusaran Air Di Benteng Portugis Jepara , semoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunikan Tari Topeng Betawi, Tarian Tradisional Khas Jakarta

Kampung Warna Warni Jodipan Malang Menjadi Buronan Para Selfi Mania

Bukit Baper Bumijawa, Spot selfie Baru Di Brebes